Pages

Banner 468 x 60px

 

Rabu, 14 Maret 2018

Ciri-Ciri Guru Kreatif & Profesional (2)

0 komentar
Menjadi guru kreatif dan profesional bukanlah perkara mudah. Ada banyak sekali cara dan metode untuk menjadi guru kreatif dan profesional. Kali ini akan kami bagikan informasi yang disadur dari buku  “Kenapa Guru Harus Kreatif” karya Andi Yudha A. Salah satu fragmen terbaik dari buku ini mengulas tentang ciri-ciri guru kreatif dan profesional, ada 14 ciri guru kreatif yang perlu untuk anda simak yakni sebagai berikut:

8. Disiplin

Disiplin disini tidak hanya soal ketepatan waktu, tapi mencakup berbagai hal lain. Sehingga, guru mampu menjadi teladan kedisiplinan tanpa harus sering mengatakan tentang pentingnya disiplin. Contoh, disiplin dalam waktu, menyimpan barang, belajar dan sebagainya. Dengan demikian, akan timbul pemahaman yang kuat pada anak didik tentang pentingnya hidup disiplin.

9. Responsif

Ciri guru yang profesional antara lain cepat tanggap terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, baik pada anak didik, budaya, sosial, ilmu pengetahuan maupun teknologi dan lain-lain.

10. Empatik

Setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda, cara belajar dan proses penerimaan, serta pemahaman terhadap pelajaranpun berbeda-beda. Oleh karena itu, seorang guru dituntut mempunyai kesabaran lebih dalam memahami keberagaman tersebut sehingga bisa lebih memahami kebutuhan-kebutuhan belajar mereka.

11. Nge-Friend

Jangan membuat jarak yang lebar dengan anak didik hanya karena posisi anda sebagai guru. Jika kita dapat menjadi teman mereka akan menghasilkan emosi yang lebih kuat daripada sekadar hubungan guru murid. Sehingga, anak-anak akan lebih mudah beradaptasi dalam menerima pelajaran dan bersosialisasi dengan lingkungannya.

12. Suka dengan Anak

Ini wajib! Jangan harap bisa bergaul dan mendidik anak-anak jika pada dasarnya anda tidak suka anak-anak? Menyukai anak dan dunia mereka adalah syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang guru. Karena bagaimanapun, saat kita berada di antara mereka, bermain dan belajar bersama, kita pun harus ikut menimkati aktivitastersebut. Sebab, jika tidak, sia-sia saja apa yang telah kita lakukan.

13. Anak adalah Amanah

Hakikatnya semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah, termasuk juga anak-anak kita. Menjaga mereka adalah kewajiban kita sebagai bentuk pengabdian kepada Sang Khalik. Seperti kita menjaga barang yang dititipkan oleh orang lain, tentu  kita akan berhati-hati dan berusaha menjaganya agar tidak rusak; agar sang pemilik merasa senang. Begitu pula dengan anak-anak kita. Bukankah anak adalah perhiasan dunia yang dititipkan Allah kepada kita?
Bagaimana dengan Anda? Sudahkah beberapa ciri diatas ada di sebahagian diri Anda? Tidak ada salahnya untuk mengintropeksi diri dan memperbaiki diri lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Disadur dari Buku Kenapa Guru Harus Kreatif? Andi Yudha Astandiyar. Mizan Indonesia: Bandung, 2010.


DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
Lembaga Kursus dengan program terlengkap yang mempunyai fasilitas pembelajaran paling nyaman untuk memantapkan siswa dalam persiapan masuk PTN, target lolos PTN, dan siap bersaing dengan sekolah lain. 

LEARNING IS SUPER FUN…
CP. Shinta Dewi 085725068738 

Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lanjut.
Read more...

Ciri-Ciri Guru Kreatif & Profesional (1)

0 komentar
Menjadi guru kreatif dan profesional bukanlah perkara mudah. Ada banyak sekali cara dan metode untuk menjadi guru kreatif dan profesional. Kali ini akan kami bagikan informasi yang disadur dari buku “Kenapa Guru Harus Kreatif” karya Andi Yudha A. Salah satu fragmen terbaik dari buku ini mengulas tentang ciri-ciri guru kreatif dan profesional, ada 14 ciri guru kreatif yang perlu untuk anda simak yakni sebagai berikut:

1. Fleksibel

Dibutuhkan guru yang tidak kaku, luwes dan dapat memahami kondisi anak didik, memahami cara belajar belajar mereka, sera mampu mendekati anak didik melalui berbagai cara sesuai kecerdasan dan potensi masing-masing anak.

2. Optimis

Keyakinan yang tinggi akan kemampuan pribadi dan keyakinan akan perubahan anak didik ke arah yang lebih baik melalui proses interaksi guru-murid yang fun akan menumbuhkan karakter yang sama terhadap anak tersebut.

3. Respek

Rasa hormat yang senantiasa ditumbuhkan di depan anak dapat memicu dan memacu mereka untuk lebih cepat tidak sekedar memahami pelajaran, namun juga pemahaman yang menyeluruh tentang berbagai hal yang dipelajarinya

4. Cekatan

Anak-anak berkarakter dinamis, aktif, eksploratif, ekspresif, kreatif dan penuh inisiatif. Kondisi ini perlu diimbangin oleh guru sehingga guru mampu bertindak sesuai kondisi yang ada

5. Humoris

Menjadi guru killer? Anak-anak malah takut kepada Guru killer dan tidak mau belajar. Meskipun tidak setiap orang mempunyai sifat humoris. Sifat ini dituntut untuk dimiliki seorang pengajar. Karena pada umumnya, anak-anak sangat menyukai proses belajar yang menyenangkan, termasuk dibumbui dengan humor. Secara tidak langsung, hal tersebut dapat membantu mengaktifkan kinerja otak kanan mereka

6. Inspiratif

Meskipun ada panduan kurkulum yang mengharuskan semua peserta didik mengikutinya, guru harus menemukan banyak ide dari hal-hal baru yang positif di luar kurikulum. Ia dapat membuat anak didik terinspirasi untuk menemukan hal-hal baru dan lebih memahami informasi-infromasi pengetahuan yang disampaikan gurunya

7. Lembut

Di manapun, guru yang bersikap kasar, kaku atau emosional biasanya mengakibatkan dampak buruk bagi peserta didiknya, dan sering tidak berhasil dalam proses mengajar kepada anak didik. Pengaruh kesabaran, kelembutan dan rasa kasih sayang akan lebih efektif dalam proses belajar-mengajar dan lebih memudahkan munculnya solusi atas berbagai masalah pendidikan.

Bersambung ke Ciri-Ciri Guru Kreatif & Profesional (2)


DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
Lembaga Kursus dengan program terlengkap yang mempunyai fasilitas pembelajaran paling nyaman untuk memantapkan siswa dalam persiapan masuk PTN, target lolos PTN, dan siap bersaing dengan sekolah lain. 

LEARNING IS SUPER FUN…
CP. Shinta Dewi 085725068738 

Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lanjut.
 
Read more...

Otak Kanan vs Otak Kiri

0 komentar
Dewasa ini, perdebatan akan adanya persaingan antara otak kanan dan otak kiri semakin ramai. Meskipun samar-samar seolah-olah ada 2 kubu dalam memaknai pengguna otak kiri atau otak kanan.
Sebagai manusia yang telah diciptakan dengan “sempurna”, tentunya tidak kita pungkiri kesempurnaan ini bukan hanya terletak bagaimana kita memandang otak kiri yang cenderung akademis dan terstruktur atau otak kanan yang cenderung bebas dan imajinatif.

Seringkali kita terjebak dalam anggapan bahwa jika si A dominan otak kiri, maka akan sulit diajak duduk bareng sambil diskusi dengan si B yang dominan otak kanan, begitu pula sebaliknya.
Padahal jika kita cermati, apapun hasil tes yang mengatakan kita dominan menggunakan otak bagian kiri atau kanan atau bahkan pengguna otak tengah, lalu setelah itu apa? Pada dasarnya kita memiliki kedua belahan otak tersebut. Penggunaan dan kombinasi kedua belahan otak tersebut menjadikan kita manusa yang “sempurna”menggunakan nalar (baca: otak kiri) untuk menganalisa, berfikir ilmiah, logika serta menggunakan imajinasi (baca: otak kanan) untuk mengembangkan ide, gagasan, kreatifitas dan lain-lain.

Memaksimalakan kedua belahan otak kita adalah keniscayaan yang mebuat kita menjadi manusia yang bersyukur, manusia yang mau terus belajar dan mengembangkan potensi lebih baik lagi. Bukankah itu tanda kesyukuran kita terhadap organ yang luar biasa ini yang diciptakan oleh Sang Maha Sempurna?

Berhenti membanding-bandingkan kedua belahan otak kita, dan saling melihat kelemahannya. Kita didesain untuk memaksimalkan keduanya. Menggunakan mereka berdua diwaktu yang tepat serta mengkombinasikan mereka juga disaat yang tepat.

Bagaimana menurut Anda?
Read more...

Kamis, 01 Maret 2018

TRY OUT SBMPTN UB DI GEDUNG UNWIDA

0 komentar
Real Klaten bekerjasama dengan New Neutron Klaten dalam kegiatan "Pembahasan Try Out SBMPTN di gedung UNWIDA KLATEN, 27 Januari 2018 untuk mensukseskan ujian SBMPTN






Bagi kamu-kamu yang ingin mengikuti bimbingan TOEFL khusus mempersiapkan lebih dini mendampingi siswa-siswi agar bisa lolos ke Perguruan Tinggi Negeri Favorit. Tahun ini REAL Klaten membuka lebih awal bimbingan TOEFL Reguler Plus. Silahkan klik "Disc Rp. 1.250.000" untuk informasi lebih lanjut.

DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
Keuntungan program ini memantapkan siswa dalam persiapan masuk PTN, target lolos PTN, dan siap bersaing dengan sekolah lain.

LEARNING IS SUPER FUN…
CP. Shinta Dewi 085725068738
Read more...

TRY OUT SBMPTN PINKY UNY DI GOR GELARSENA KLATEN

0 komentar
Real Klaten bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta & New Neutron Klaten dalam kegiatan "Pembahasan Try Out SBMPTN di GOR GELARSENA KLATEN, 25 FEBRUARI 2018 untuk mensukseskan ujian SBMPTN.










Bagi kamu-kamu yang ingin mengikuti bimbingan TOEFL khusus mempersiapkan lebih dini mendampingi siswa-siswi agar bisa lolos ke Perguruan Tinggi Negeri Favorit. Tahun ini REAL Klaten membuka lebih awal bimbingan TOEFL Reguler Plus. Silahkan klik "Disc Rp. 1.250.000" untuk informasi lebih lanjut.

DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
Keuntungan program ini memantapkan siswa dalam persiapan masuk PTN, target lolos PTN, dan siap bersaing dengan sekolah lain.

LEARNING IS SUPER FUN…
CP. Shinta Dewi 085725068738
Read more...

Rabu, 28 Februari 2018

Tips Belajar Soal Tes TOEFL Listening Comprehension

0 komentar
Tes TOEFL Listening Comprehension Section bertujuan menguji kemampuan Anda dalam memahami bahasa lisan. Akan tetapi, untuk bisa memahami bahasa lisan tersebut, di samping harus membiasakan diri mendengarkan bahasa Inggris lisan, Anda harus memiiiki pengetahuan struktur bahasa (tata bahasa) Inggris yang memadai. Semua kalimat dalam bagian ini menggunakan kalimat yang grammatically correct (benar menurut tata bahasa) dan biasanya dalam bentuk kalimat lengkap. Semua kalimat tersebut diucapkan dalam percakapan bahasa Inggris. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan soal tes TOEFL Listening Comprehension dengan baik, Anda dituntut memiiiki kemampuan untuk:
  1. memahami tekanan dan nada,
  2. memahami perbedaan bunyi,
  3. memahami idiom dalam bahasa Inggris,
  4. memahami ungkapan-ungkapan percakapan,
  5. memahami kelompok atau frasa kata kerja,
  6. menemukan informasi yang tersirat (tak dinyatakan secara jelas),
  7. memahami perbandingan, dan
  8. memahami makna/isi percakapan atau pembicaraan.

TIP DAN TRIK MENJAWAB SOAL LISTENING COMPEHENSION

  1. Pahami bentuk-bentuk petunjuk (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari-H ujian.
  2. Bacalah pilihan pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang membacakan perintah dan contoh soal (example).
  3. Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan fokuskan perhatian Anda pada percakapan yang sedang Anda dengarkan.
  4. Maksimalkan kemampuan listening Anda pada soal-soal pertama pada masing-masing bagian.

JENIS PERTANYAAN SOAL TES TOEFL LISTENING COMPRHEHENSION 


Anda sangat perlu memahami berbagai bentuk pertanyaan tes TOEFL Listening Comprehens, seperti:
1. Soal yang menanyakan Pikiran Utama (Main Idea)
     - What is the main idea of this talk?
       (Apa pikiran utama dari percakapan ini?)
    -  What are they talking about?
       (Apa yang sedang mereka bicarakan?)
2. Soal yang menanyakan Topik Pembicaraan
    - What is the text about?
      (Tentang apa teks tersebut?)
    - What is the talk about?
      (Tentang apa percakapan tersebut?)
    - What does the text talk about?
      (Teks tersebut membicarakan tentang apa?)
    - What is the topic of this talk?
      (Apa topik dari percakapan ini?)
3. Soal yang menanyakan Kesimpulan (Conclusion/Inference)
    - What can we infer from the talk?
      (Apa yang bisa kita simpulkan dari pembicaraan tersebut?)
    - What is the conclusion of this meeting?
      (Apa kesimpulan dari pertemuan ini?)
4. Soal yang menanyakan Informasi yang detail (Detailed Information) mengenai Siapa [Who), Apa (What), Di mana (Where), Kapan (When), dan Bagaimana (How).
    - Where did it happen?
      (Di mana terjadinya?)
    - When was this virus invented?
    (Kapan virus ini ditemukan?)
    - How could the explorer obtained the location ?
    (Bagaimana penjelajah mendapatkan lokasi tersebut?)
    - Who is invited to the party?
    (Siapa yang diundang ke pesta itu?)
    - What time did the meeting begin ?
    (Jam berapa pertemuan itu dimulai?)
5.  Soal yang menanyakan Saran (Suggestion/Advice)
    - What does the woman suggest?
    (Apa yang wanita tersebut sarankan?)
    - What should the man do?
    (Apa yang seharusnya laki-laki itu kerjakan?)
6.  Soal yang menanyakan implikasi (Implication)
    - What does this statement imply?
    (Apa implikasi dari pernyataan ini?)
7.  Soal yang menanyakan Tujuan (Purpose)
    - What is the purpose of the talk?
    (Apa tujuan dari percakapan tersebut?)
8.  Soal yang menanyakan Judul (Title)
    - What is the best title of the talk?
    (Apa judul yang terbaik untuk percakapan tersebut?)
9.  Soal yang menanyakan tentang Sikap/Pandangan Pembicara (Speaker's View), apakah puas (satisfied) sedih (sad), bahagia (happy), kritis (critical), dan sebagainya, misalnya:
    - What's the speaker's impression about the event?
      (Bagaimana kesan pembicara tentang acara tersebut?)
    - What does the speaker's feel about it?
      (Apa yang pembicara rasakan tentang ini?)
10.  Soal yang menanyakan tentang Peserta Ceramah (Audience)
    - Who is the speech addressing to?
      (Ditujukan kepada siapa pidato tersebut?)
    - Whom is the speaker talk to?
      (Kepada siapa pembicara tersebut berbicara?)

STRUKTUR SOAL TES TOEFL LISTENING COMPREHENSION


Soal Tes TOEFL Listening Comprehension Section terdiri dari tiga bagian dengan 50 pertanyaan.
1.    Bagian A (Part A) terdiri dari 30 pertanyaan.
2.    Bagian B (Part B) terdiri dari tujuh sampai delapan pertanyaan.
3.    Bagian C (Part C) terdiri dari 11 sampai 13 pertanyaan.

Untuk menjawab 50 soal tersebut, Anda diberi waktu antara 35-40 menit. Jadi, Anda memiliki waktu antara 12-15 detik untuk menjawab 1 soal.
Semua soal akan diperdengarkan melalui tape dan tidak ada headphone, melainkan menggunakan speaker (pengeras suara) yang telah dipersiapan untuk tes TOEFL. Pembicara dalam tape menggunakan pengucapan dan ekspresi American English yang ucapan maupun ekspresinya agak berbeda dengan British English. Anda perlu sekali memahami perbedaannya, terutama cara pengucapannya. Pengetahuan yang cukup mengenai perbedaan bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika khususnya dalam hal pronunciation (pengucapan) akan sangat mendukung kemampuan Anda dalam mengerjakan tes Listening Comprehension.

Pada Part A

Pada Part A, Anda akan mendengar sekitar 30 percakapan pendek (short conversation/dialog) antara dua orang dan setiap satu percakapan akan diikuti oleh satu pertanyaan. Rata-rata satu pembicara hanya berbicara satu kali. Ketika Anda mendengarkan percakapan, Anda harus memperhatikan dengan cermat ungkapan yang diucapkan oleh pembicara kedua, karena biasanya kata kunci untuk menjawab berada pada kalimat yang diucapkan oleh pembicara kedua.

Pembicara kedua biasanya akan memberikan informasi penting yang membuat Anda bisa menjawab pertanyaan. Setelah satu percakapan selesai Anda akan mendengar sebuah pertanyaan. Empat pilihan jawaban sudah tersedia dalam lembar soal. Semua jawaban disusun secara gramatikal, dan tampaknya semua benar. Namun sebenarnya HANYA ADA SATU jawaban yang benar. Anda iya diberi waktu 10 sampai 12 detik untuk menjawab setiap soalnya.

TIP DAN TRIK MENJAWAB SOAL PART A


  1. Fokuskan pendengaran Anda pada orang kedua. 
  2. Jangan panik jika tidak bisa memahami kata demi kata dalam percakapan secara komplit. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi percakapan.
  3. Bila anda sama sekali tidak bisa memahami apa yang dibicarakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari apa yang Anda dengar.
  4. Pahami bentuk-bentuk functional expression seperti agreement (persetujuan), uncertainty (ketidakpastian), suggestion (saran), surprise (keterkejutan), idiomatic expression, dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.

A. Setiap pertanyaan dimulai dengan question words (kata-kata tanya) terutama:
    1. What (Apa/Apa yang/Berapa);
    2. Where (Di mana atau Ke mana); dan
    3. When (Kapan).

B. JARANG SEKALI pertanyaan dimulai dengan:
    1. Why (Mengapa);
    2. Which (Yang mana);
    3. Who (Siapa/Siapa yang); atau
    4. How (Bagaimana/Berapa).

Berikutini adalah beberapa penggunaan kata tanya yang sering muncul pada Tes TOEFL Listening hension Section Part A.
(1) What does the (man/woman) mean?
      (Apa maksud dari (laki-laki/wanita) tersebut?)
(2) What will the (man/woman) probably do (next)?
      (Apa yang mungkin akan dikerjakan oleh (laki-laki/wanita) tersebut (berikutnya)?)
(3) What will the speakers do?
     (Apa yang akan dilakukan oleh pembicara?)
(4) What is the (man/woman) going to do?
     (Apa yang akan dikerjakan oleh (laki-laki/wanita) tersebut?)
(5) What does the (man/woman) plan to do?
     (Apa yang (laki-laki/wanita) tersebut rencanakan?)
(6) What does the (man/woman) imply about...?
      (Apa yang diimplikasikan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
(7)  is the (man's/woman's) problem ?
      (Apa masalah (laki-laki/wanita) tersebut?)
(8) What problem does the (man/woman) think the (man/woman) has?
      (Masalah apa yang menurut (laki-laki/wanita) tersebut dimiliki oleh (laki-laki/wanita) itu?)
(9) What are the speakers talking about?
      (Apa yang sedang dibicarakan oleh para pembicara?)
(10) What does the (man/woman) suggest that the (man/woman) do?
       (Apa saran yang diberikan oleh (laki-laki/wanita) tersebut yang seharusnya dikerjakan oleh (laki-laki/wanita) itu?)
(11) What does the (man/woman) say about...?
       (Apa yang dikatakan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
(12) What does the (man/woman) think about...?
       (Apa yang dipikirkan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
(13) What had the (man/woman) assumed about...?
       (Apa yang telah diasumsikan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)

PART B

Pada Part B, Anda akan mendengar sebuah percakapan panjang (long conversation/dialogue) antara dua orang dan setiap satu percakapan panjang akan diikuti oleh beberapa pertanyaan.

TIP DAN TRIK MENJAWAB SOAL PART B


1. Ketika narator membacakan petunjuk untuk PartB Anda sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas kemudian merekamnya dan memperkirakan tema apa yang akan menjadi perbincangan.
2.  Ketika menyimak conversation, Anda harus mengetahui tema/topik yang dibicarakan.
3.  Waspadalah terhadap masing-masing pertanyaan.
4. Cermati kondisi dan situasi yang terjadi seiama percakapan berlangsung, yakni menyangkut tempat dan waktu pembicaraan, apa dan siapa yang dibicarakan.

Teks lisan setiap percakapan panjang terdiri atas 140 s.d. 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik. Topiknya bersifat lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara seputar sejarah, ilmu pengetahuan atau organisasi universitas, dan kadang-kadang Anda perlu memperhatikan informasi yang berKaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan ini. Di sini, Anda memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam satu percakapan panjang.
    Setelah percakapan panjang selesai, Anda akan mendengar beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali. Pertanyaan tersebut biasanya dimulai dengan kata-kata tanya (question words) terutama:

    •    What (Apa/Apa yang/Berapa                     •  Why (Mengapa)
    •    How (Bagaimana/ Berapa, Bagaimana)     •  Who (Siapa)
    •    Where (Di mana, Ke mana                         •  Whom (Kepada/Dengan Siapa)

Contoh pprtanyaan-pertanyaan yang sering diperdengarkan Part B ini antara lain:
(1) What is the main topic of this conversation?
      (Apa topik utama percakapan ini?)
(2) Where does the conversation take place?
      (Di mana percakapan in berlangsung?)
(3) When did it occur?
      (Kapan ini terjadi?
(4) What will the man probably do next?
      (Apa yang mungkin akan dilakukan pria itu kemudian?)
(5) How does the woman decide to buy a ?
      (Bagaimana wanita itu memutuskan untuk  membeli...?)
(6) Who is the guest speaker?
      (Siapa pembicara tamu itu?)

PART C

Pada Part C, Anda akan mendengarkan ceramah pendek (a short lecture/talk) dan setiap satu mah pendek akan diikuti oleh beberapa pertanyaan. Biasanya setelah kuliah atau ceramah Jek, Anda akan mendengar 3 (tiga) sampai 7 (tujuh) pertanyaan.

TIP DAN TRIK MENJAWAB SOAL PART C


Bila Anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya.
Waspadailah pembicaraan pada kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi kalimat-kalimat selanjutnya.
Fokuskan pendengaran Anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5W (what, who, when, where, why) dan How.
Buatlah kesimpulan/inferasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.
Teks lisan setiap ceramah terdiri atas 140 sampai 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik.Topiknya bersifat lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara tar sejarah, ilmu pengetahuan, atau organisasi universitas, dan kadang-kadang Anda perlu perhatikan informasi yang berkaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan/kuliah ini. Di sini, Anda memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk menjawab beberapa pertanyaan n satu ceramah.
Setelah ceramah selesai, Anda akan mendengar beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali. Pertanyaannya biasanya dimulai dengan Question Words (kata-kata tanya) terutama:
  • What (Apa/Apa yang/Berapa),
  • How (Bagaimana/ Berapa, Bagaimana),
  • Where (Di mana, Ke mana),
  • Why (Mengapa)
  • Who (Siapa), dan
  • Whom (Kepada/Dengan siapa)
Contoh pertanyaan-pertanyaan yang sering diperdengarkan dalam Part C ini meliputi main ideas, details, purpose, and implication:
(1)  Pertanyaan tentang main idea (pikiran utama) biasanya meliputi:
    - What is the main idea of the talk?
      (Apa pikiran utama dari percakapan tersebut?)
    - What is the talk mainly about?
       (Tentang apa percakapan tersebut?)
    - What are the speakers discussing?
       (Apa yang sedang dibicarakan oleh para pembicara?)
    - What would be a good title for the lecture?
      (Judul apa yang baik untuk kuliah tersebut?)
(2)  Pertanyaan mengenai detail percakapan (details) biasanya meliputi:
    - What does the man/woman say about...?
      (Apa yang dikatakan laki-laki/wanita tersebut tentang...?)
    - What does the man/woman want?
      (Apa yang diinginkan laki-laki/wanita tersebut?)
    - What does the man/woman suggest about...?
       (Apa saran laki-laki/wanita tersebut tentang...?)
    - What is the man/woman describing?
      (Apa yang laki-laki/wanita tersebut deskripsikan?)
(3)  Pertanyaan mengenai tujuan (purpose) biasanya meliputi:
    - Why did...?
      (Mengapa (bentuk lampau)...?)
    - Why is... ?
      (Mengapa (bentuk kini)...?)
    - Why does the man/woman think...?
      (Mengapa laki-laki/wanita tersebut mengira...?)
    - Why does the speaker mention...?
       (Mengapa pembicara menyebutkan...?)
(4)  Pertanyaan mengenai maksud atau implikasi (implication) biasanya meliputi:
    - What does the speaker imply about...?
      (Apa yang pembicara maksud tentang...?)
    - What does the speaker infer about...?
      (Apa yang pembicara simpulkan tentang...?)
    - What does the man/woman mean when he/she says...?
      (Apa yang laki-laki/wanita tersebut maksud ketika dia mengatakan...?)
(5)  Pertanyaan lain pada bagian ini bisa saja meminta Anda untuk memilih gambar, mencocokkan pertanyaan, dan mengelompokkan jawaban berdasarkan kategori. Contohnya:
    - You may be asked to pick out the correct drawing from what was described in words.
     (Anda mungkin diminta untuk memilih gambar yang sesuai dengan apa yang dideskripsikan dengan kata-kata.)
    - You may be asked to match two concepts together.
      (Anda mungkin diminta untuk mencocokkan dua konsep bersama-sama)
    - You may be asked to determine the sequence of events.
      (Anda mungkin diminta untuk menentukan urutan kejadian)
    - you may be asked to categorize certain concepts.
      (Anda mungkin diminta untuk mengkategorikan konsep tertentu)

Demikian artikel Tips Belajar Soal Tes TOEFL Listening Comprehension kami persembahkan untuk Anda yang kami kutip dari buku "Upgrade TOEFL SCORE".


DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
REAL Pendidikan Bahasa Inggris dengan Native Speaker Berkualitas dan Bersertifikat Internasional.

LEARN ENGLISH WITH NATIVE SPEAKERS…
CP. Shinta Dewi 085725068738
 
Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lanjut..
Read more...

Contoh Soal TOEFL Listening Comprehension

0 komentar

Dalam tes TOEFL, Anda akan diuji dalam memahami teks lisan (Listening Comprehension), memahami struktur dan ungkapan model tulisan (Structure and Written Expression) yang berkaitan dengan tata bahasa Inggris, memahami bacaan (Reading Comprehension), dan kemampuan memahami menulis (Writing). Soal Listening dalam tes TOEFL bertujuan untuk menguji kemampuan dalam memahami bahasa lisan. Namun, tidak hanya sekadar kemampuan mendengarkan bahasa Inggris lisan, tapi juga pengetahuan tata bahasa Inggris (grammar) yang memadai. Semua kalimat dalam bagian ini menggunakan kalimat gramatikal dan biasanya dalam bentuk kalimat lengkap yang diucapkan dalam percakapan bahasa Inggris. Dalam contoh soal TOEFL Listening ini, kami akan membahas terlebih dahulu bagian-bagian yang diuji dalam tes TOEFL.
Bagian listening comprehension terdiri dari tiga bagian dengan 50 pertanyaan.
1. Bagian A (Part A) terdiri dari 30 pertanyaan (short conversation/dialogue)
2. Bagian B (Part B) terdiri dari 7 sampai 8 pertanyaan (long conversation)
3. Bagian C (Part C) terdiri dari 11 sampai 13 pertanyaan (talk).
Untuk menjawab 50 pertanyaan tersebut, Anda diberi waktu 35 - 45 menit. Jadi, Anda memiliki waktu antara 12-15 detik untuk menjawab 1 soal.

 

I. Short Conversation (Part A).

Pada Part A, Anda akan mendengar sekitar 30 percakapan pendek antara dua orang dan setiap satu percakapan akan diikuti oleh satu pertanyaan. Rata-rata satu pembicara hanya berbicara satu kali. Ketika Anda mendengarkan percakapan harus memerhatikan dengan cermat ungkapan yang diucapkan oleh pembicara kedua, karena biasanya kata kunci untuk menjawab berada pada kalimat yang diucapkan oleh pembicara kedua. Untuk menjawab soal-soal di bagian ini, Anda dapat membaca tips dan triknya secara spesifik dalam Trik dan Cara Menjawab Soal Listening Part A.
Pada Bagian A (Part A) terdapat petunjuk dalam lembar soal yang harus Anda baca dengan cermat.
Berikut ini contoh petunjuk atau perintah tersebut dalam contoh soal TOEFL listening Part A.

Directions
In Part A, you will hear short conversation between two speakers. At the end of each conversation a third voice will ask a question about waht was said. The question will be spoken just one time. After you hear a conversation and the question about it, read the four possible answers and decide which one would be the best answer to the question you have heard. The on your answer sheet find the number of the problem and mark your answer.

Petunjuk
Pada Bagian A, Anda akan mendengarkan percakapan-percakapan pendek antara dua pembicara. Di akhir setiap percakapan, ada suara ketiga yang menanyakan tentang apa yang diungkapkan dalam percakapan. Pertanyaan hanya akan diucapkan sekali. Setelah Anda mendengarkan sebuah percakapan dan pertanyaan tentang percakapan tersebut, bacalah keempat pilihan jawaban dan tentukan mana yang merupakan jawaban terbaik dari pertanyaan yang telah Anda dengar. Kemudian, pada lembar jawaban Anda, lihatlah nomor soal dan hitamkan pilihan jawabannya.
Setelah membaca petunjuk di atas, Anda akan mendengar sebuah percakapan pendek sebagai berikut.

(Man)      : I am trying to find a book by author Sterling Watson. Do you know where I should look?
(Woman) : He's a fiction writer, isn't he? Log on to this computer. Click on fiction, and then search by author name. See? Oh, he has written quite a few books, although I've never heard of him.
(Man)    : His books were never in the top ten, but I like his style. I took a class from him at the University of Florida.
Narrator :  What does the man say about Sterling Watson?

Tulisan dalam buku test Anda:
A.  He is required to read one of his books but does not like his writing.
B.  He has never read any of his works previously.
C.  He appreciates his writing style.
D.  He learned about his books from a computer.
Jawaban :  (C) He appreciates his writing style.
Keyword : I like his style
Pembahasan : "His books were never in the top ten, but I like his style" yang dinyatakan oleh laki-laki tersebut jelas bahwa buku-buku pengarang tersebut tidak pernah pada urutan sepuluh terbaik tetapi dia menyukainya yang berarti bahwa laki-laki tersebut menghargai tulisan sang penulis.

 

II. Long Conversation (Part B)

Pada Part B, Anda akan mendengar sebuah percakapan panjang (a long conversation/dialogue) antara dua orang dan setiap satu percakapan panjang akan diikuti oleh beberapa pertanyaan.
Teks lisan setiap percakapan panjang terdiri atas 140 s.d. 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik. Topiknya bersifat lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara seputar sejarah, ilmu pengetahuan, atau organisasi universitas, dan kadang-kadang Anda perlu memerhatikan informasi yang berkaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan ini. Di sini, Anda memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam satu percakapan panjang.
Setelah percakapan panjang selesai, Anda akan mendengar beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali. Untuk menjawab soal-soal di bagian ini, Anda dapat membaca tips dan triknya secara spesifik dalam Trik dan Cara Menjawab Soal Listening Part B.
Berikut ini adalah contoh soal TOEFL listening Part B, dan tapescript percakapan panjang.
Directions
In Part B, you will hear longer conversations. After each conversation, you will be asked some questions. The conversations and questions will be spoken just one time. They will not be written out for you, so you will have to listen carefully in order to understand and remember what the speaker says.
When you hear a question, read the four possible answers in your test book and decide which one would be the best answer to the question you have heard. Then, on your answer sheet, find the number of the problem and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.
Petunjuk
Di Bagian B, Anda akan mendengar percakapan-percakapan yang lebih panjang. Setelah satu percakapan panjang diperdengarkan, Anda akan diberi beberapa pertanyaan. Percakapan dan pertanyaan-pertanyaan hanya akan diucapkan sekali. Pertanyaan-pertanyaan itu tidak akan dijumpai di lembar soal, sehingga Anda harus mendengarkan dengan cerrmat supaya bisa memahami dan mengingat apa yang dibicarakan oleh pembicara.
Ketika Anda mendengarkan satu pertanyaan, bacalah pilihan-pilihan jawaban yang ada di buku soal dan tentukan satu yang merupakan jawaban terbaik dari pertanyaan yang telah Anda dengar. Kemudian pada lembar jawab, temukan nomor soal dan hitamkan bundaran yang sesuai dengan pilihan Anda.

Setelah membaca petunjuk dengan jelas, Anda akan mendengar sebuah percakapan panjang yang diikuti oleh beberapa pertanyaan.
(Man) :  I can't believe we have to read this entire book by Monday.
(Woman) : Some teachers think you have nothing else to do besides prepare for their class.
(Man) : Well, my boss thinks the same thing about my job — that it's the only thing I have to do.
(Woman) : Oh, I didn't know you were working. What do you do?
(Man) : I do bookkeeping work for a small company on Saturdays. This weekend, I have to prepare end of the quarter reports to give to the accountant on Monday.
(Woman) : You'd better start reading soon.

Narrator : 1. What does the man imply about the assignment?
                  2. What does the man imply about some teachers?
                  3. What does the woman suggest that the man do?
                  4. What does the man say about his work?
Tulisan dalam buku test Anda:
1.  A. It is too much to read in such a short time.
    B. He has already read the material.
    C. He can read at work.
    D. The teacher knows that he has a job.
2. A. They are understanding.
    B. They give thought-provoking assignments.
    C. They act like taking their class is the only thing a student has to do.
    D. They are unprepared.
3. A. Skip work
    B. Begin work on the assignment as soon as possible
    C. Quit the class
    D. Stay up all night
4. A. He does manual labor.
    B. He dislikes his job.
    C. His employer is very understanding.
    D. He works with figures.
Pembahasan untuk soal-soal di atas adalah:
1. Jawab : (A)     It is too much to read in such a short time
    Keyword : can't believe
   Pembahasan :  Ungkapan "can't believe" mengindikasikan bahwa yang diungkapkan tersebut suatu hal yang luar biasa/ memberatkan.
2. Jawab : (C) They act like taking their class is the only thing a student has to do
    Key word : Some teachers think you have nothing else to do besides prepare for their class
   Pembahasan : Kalimat pada kata kunci mengimplikasikan bahwa para guru tidak terlalu peduli pada kesibukan para siswa, dan para guru berfikir bahwa para siswa tersebut hanya mengikuti kelas mereka.
3. Jawab : (B) Begin work on the assignment as soon as possible
    Key word :  You'd better start reading soon.
   Pembahasan : Kalimat pada kata kunci mengindikasikan bahwa sebaiknya sang laki-laki segera memulai pekerjaannya secepat mungkin.
4. Jawab : (D) He works with figures
    Keyword :  my boss thinks the same thing about my job
   Pembahasan :  Dari yang diucapkan laki-laki tersebut bisa disimpulkan bahwa dia bekerja pada orang lain.

 

III. Talk (Part C)

Pada Part C, Anda akan mendengarkan ceramah pendek (a short lecture/talk) dan setiap satu ceramah pendek akan diikuti oleh beberapa pertanyaan. Pada Part C, Anda akan mendengar teks lisan, yakni kuliah/ceramah pendek (a short lecture). Biasanya setelah kuliah atau ceramah pendek, Anda akan mendengar 3 (tiga) sampai 7 (tujuh) pertanyaan.
Teks lisan setiap ceramah terdiri atas 140 sampai 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik. Topiknya bersifat lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara seputar sejarah, ilmu pengetahuan, atau organisasi universitas dan kadang-kadang Anda perlu memerhatikan informasi yang berkaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan, kuliah ini. Di sini, Anda memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam satu ceramah.
Setelah ceramah selesai, Anda akan mendengar beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali.
Berikut ini adalah sebuah contoh soal serta script salah satu ceramah.

Directions
In Part C, you will hear several talks. After each talk, you will be asked some questions. The talks and questions will be spoken just one time. They will not be written out for you, so you will have to listen carefully in order to understand and remember what the speaker says.
When you hear a question, read the four possible answers in your test book and decide which one would be the best answer to the question you have heard. Then, on your answer sheet, find the number of the problem and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.

Petunjuk
Pada Bagian C, Anda akan mendengar beberapa pembicaraan/ceramah. Setelah ceramah, Anda akan diberi beberapa pertanyaan. Teks ceramah dan pertanyaan- pertanyaan akan diucapkan sekali saja. Teks ceramah dan pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak akan ditunjukkan secara tertulis kepada Anda, karena itu Anda harus mendengarkan secara cermat agar bisa memahami dan mengingat apa yang diucapkan oleh pembicara. Ketika Anda mendengar sebuah pertanyaan, bacalah keempat pilihan jawaban di buku soal Anda dan tentukan satu jawaban terbaik untuk pertanyaan yang telah Anda dengar. Kemudian pada lembar jawab, temukan nomor soal dan hitamkan huruf yang cocok dengan pilihan jawabannya.

Setelah membaca petunjuk di atas, bacalah soal yang mengikutinya. Berikut ini adalah contoh soal TOEFL listening untuk Part C. Untuk menjawab soal-soal di bagian ini, Anda dapat membaca tips dan triknya secara spesifik dalam Trik dan Cara Menjawab Soal Listening Part C.

Script Suara Ceramah pada Part C
The reason we're meeting today is to introduce the plan for our new office layout. Starting next month, instead of cubicles, we will have an open office. There will be no cubicle walls or partitions. Instead, desks will be arranged in clusters for each department. The desks in each department will be facing each other in clusters of four or six. We feel this will facilitate better communication between workers in each departments. It will also create a more welcoming environment for clients.
The department managers will still have their own offices, but each will have large windows and glass doors, to make employees and clients feel welcome to come inside. We're also going to paint the walls and put in new carpeting. The project will start on the first of next month and should take about three weeks to complete. We will be moving to the third floor during that period.

Script Suara Pertanyaan Narrator
1. What is the speaker mainly discussing ?
2.  What does the speaker say about the new layout?
3.  What is NOT true about plans for the office?


Tulisan dalam buku tes Anda:
1.  A. An office renovation
     B. Building construction
     C. A marketing campaign
     D. New carpeting
2.  A. The desks will be facing away from each other.
     B. Department managers will sit in cubicles.
     C. It will increase the number of sales to clients.
     D. It will improve employee communication.
3.  A. The walls will be painted.
     B. New carpeting will be installed.
     C. Work will begin next year.
     D. The work will take three weeks.

Jawaban yang tepat untuk soal-soal di atas adalah:
1. Jawab : (A) An office renovation
    Keyword : our new office layout
    Pembahasan : Dari kata kunci bisa diketahui bahwa kantor tersebut akan direnovasi.
2. Jawab : (D) It will improve employee communication.
    Key word : will facilitate better communication
    Pembahasan : Frase "better communication" bermakna sama dengan "improve communication"
3. Jawab : (C) Work will begin next year
    Keyword : not true; start on the first of next month

   Pembahasan : Karena permulaannya bulan berikutnya dan membutuhkan waktu kira-kira tiga minggu, jadi pernyataan yang tidak benar adalah bahwa pekerjaan akan dimulai tahun depan.
Demikian penjelasan tengan "Contoh Soal TOEFL Listening Comprehension" dalam artikel ini. Contoh soal bagian lainnya bisa dipelajari dalam Contoh Soal TOEFL Structure and Written Expression dan Contoh Soal Pembahasan Reading Comprehension Tes TOEFL.


DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
REAL Pendidikan Bahasa Inggris dengan Native Speaker Berkualitas dan Bersertifikat Internasional.

LEARN ENGLISH WITH NATIVE SPEAKERS…
CP. Shinta Dewi 085725068738
 
Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lanjut..
Read more...
 
REAL KLATEN © 2018 . Cab.KLATEN