Pages

Banner 468 x 60px

 

Rabu, 28 Februari 2018

Tips Belajar Soal Tes TOEFL Listening Comprehension

0 komentar
Tes TOEFL Listening Comprehension Section bertujuan menguji kemampuan Anda dalam memahami bahasa lisan. Akan tetapi, untuk bisa memahami bahasa lisan tersebut, di samping harus membiasakan diri mendengarkan bahasa Inggris lisan, Anda harus memiiiki pengetahuan struktur bahasa (tata bahasa) Inggris yang memadai. Semua kalimat dalam bagian ini menggunakan kalimat yang grammatically correct (benar menurut tata bahasa) dan biasanya dalam bentuk kalimat lengkap. Semua kalimat tersebut diucapkan dalam percakapan bahasa Inggris. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan soal tes TOEFL Listening Comprehension dengan baik, Anda dituntut memiiiki kemampuan untuk:
  1. memahami tekanan dan nada,
  2. memahami perbedaan bunyi,
  3. memahami idiom dalam bahasa Inggris,
  4. memahami ungkapan-ungkapan percakapan,
  5. memahami kelompok atau frasa kata kerja,
  6. menemukan informasi yang tersirat (tak dinyatakan secara jelas),
  7. memahami perbandingan, dan
  8. memahami makna/isi percakapan atau pembicaraan.

TIP DAN TRIK MENJAWAB SOAL LISTENING COMPEHENSION

  1. Pahami bentuk-bentuk petunjuk (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari-H ujian.
  2. Bacalah pilihan pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang membacakan perintah dan contoh soal (example).
  3. Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan fokuskan perhatian Anda pada percakapan yang sedang Anda dengarkan.
  4. Maksimalkan kemampuan listening Anda pada soal-soal pertama pada masing-masing bagian.

JENIS PERTANYAAN SOAL TES TOEFL LISTENING COMPRHEHENSION 


Anda sangat perlu memahami berbagai bentuk pertanyaan tes TOEFL Listening Comprehens, seperti:
1. Soal yang menanyakan Pikiran Utama (Main Idea)
     - What is the main idea of this talk?
       (Apa pikiran utama dari percakapan ini?)
    -  What are they talking about?
       (Apa yang sedang mereka bicarakan?)
2. Soal yang menanyakan Topik Pembicaraan
    - What is the text about?
      (Tentang apa teks tersebut?)
    - What is the talk about?
      (Tentang apa percakapan tersebut?)
    - What does the text talk about?
      (Teks tersebut membicarakan tentang apa?)
    - What is the topic of this talk?
      (Apa topik dari percakapan ini?)
3. Soal yang menanyakan Kesimpulan (Conclusion/Inference)
    - What can we infer from the talk?
      (Apa yang bisa kita simpulkan dari pembicaraan tersebut?)
    - What is the conclusion of this meeting?
      (Apa kesimpulan dari pertemuan ini?)
4. Soal yang menanyakan Informasi yang detail (Detailed Information) mengenai Siapa [Who), Apa (What), Di mana (Where), Kapan (When), dan Bagaimana (How).
    - Where did it happen?
      (Di mana terjadinya?)
    - When was this virus invented?
    (Kapan virus ini ditemukan?)
    - How could the explorer obtained the location ?
    (Bagaimana penjelajah mendapatkan lokasi tersebut?)
    - Who is invited to the party?
    (Siapa yang diundang ke pesta itu?)
    - What time did the meeting begin ?
    (Jam berapa pertemuan itu dimulai?)
5.  Soal yang menanyakan Saran (Suggestion/Advice)
    - What does the woman suggest?
    (Apa yang wanita tersebut sarankan?)
    - What should the man do?
    (Apa yang seharusnya laki-laki itu kerjakan?)
6.  Soal yang menanyakan implikasi (Implication)
    - What does this statement imply?
    (Apa implikasi dari pernyataan ini?)
7.  Soal yang menanyakan Tujuan (Purpose)
    - What is the purpose of the talk?
    (Apa tujuan dari percakapan tersebut?)
8.  Soal yang menanyakan Judul (Title)
    - What is the best title of the talk?
    (Apa judul yang terbaik untuk percakapan tersebut?)
9.  Soal yang menanyakan tentang Sikap/Pandangan Pembicara (Speaker's View), apakah puas (satisfied) sedih (sad), bahagia (happy), kritis (critical), dan sebagainya, misalnya:
    - What's the speaker's impression about the event?
      (Bagaimana kesan pembicara tentang acara tersebut?)
    - What does the speaker's feel about it?
      (Apa yang pembicara rasakan tentang ini?)
10.  Soal yang menanyakan tentang Peserta Ceramah (Audience)
    - Who is the speech addressing to?
      (Ditujukan kepada siapa pidato tersebut?)
    - Whom is the speaker talk to?
      (Kepada siapa pembicara tersebut berbicara?)

STRUKTUR SOAL TES TOEFL LISTENING COMPREHENSION


Soal Tes TOEFL Listening Comprehension Section terdiri dari tiga bagian dengan 50 pertanyaan.
1.    Bagian A (Part A) terdiri dari 30 pertanyaan.
2.    Bagian B (Part B) terdiri dari tujuh sampai delapan pertanyaan.
3.    Bagian C (Part C) terdiri dari 11 sampai 13 pertanyaan.

Untuk menjawab 50 soal tersebut, Anda diberi waktu antara 35-40 menit. Jadi, Anda memiliki waktu antara 12-15 detik untuk menjawab 1 soal.
Semua soal akan diperdengarkan melalui tape dan tidak ada headphone, melainkan menggunakan speaker (pengeras suara) yang telah dipersiapan untuk tes TOEFL. Pembicara dalam tape menggunakan pengucapan dan ekspresi American English yang ucapan maupun ekspresinya agak berbeda dengan British English. Anda perlu sekali memahami perbedaannya, terutama cara pengucapannya. Pengetahuan yang cukup mengenai perbedaan bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika khususnya dalam hal pronunciation (pengucapan) akan sangat mendukung kemampuan Anda dalam mengerjakan tes Listening Comprehension.

Pada Part A

Pada Part A, Anda akan mendengar sekitar 30 percakapan pendek (short conversation/dialog) antara dua orang dan setiap satu percakapan akan diikuti oleh satu pertanyaan. Rata-rata satu pembicara hanya berbicara satu kali. Ketika Anda mendengarkan percakapan, Anda harus memperhatikan dengan cermat ungkapan yang diucapkan oleh pembicara kedua, karena biasanya kata kunci untuk menjawab berada pada kalimat yang diucapkan oleh pembicara kedua.

Pembicara kedua biasanya akan memberikan informasi penting yang membuat Anda bisa menjawab pertanyaan. Setelah satu percakapan selesai Anda akan mendengar sebuah pertanyaan. Empat pilihan jawaban sudah tersedia dalam lembar soal. Semua jawaban disusun secara gramatikal, dan tampaknya semua benar. Namun sebenarnya HANYA ADA SATU jawaban yang benar. Anda iya diberi waktu 10 sampai 12 detik untuk menjawab setiap soalnya.

TIP DAN TRIK MENJAWAB SOAL PART A


  1. Fokuskan pendengaran Anda pada orang kedua. 
  2. Jangan panik jika tidak bisa memahami kata demi kata dalam percakapan secara komplit. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi percakapan.
  3. Bila anda sama sekali tidak bisa memahami apa yang dibicarakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari apa yang Anda dengar.
  4. Pahami bentuk-bentuk functional expression seperti agreement (persetujuan), uncertainty (ketidakpastian), suggestion (saran), surprise (keterkejutan), idiomatic expression, dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.

A. Setiap pertanyaan dimulai dengan question words (kata-kata tanya) terutama:
    1. What (Apa/Apa yang/Berapa);
    2. Where (Di mana atau Ke mana); dan
    3. When (Kapan).

B. JARANG SEKALI pertanyaan dimulai dengan:
    1. Why (Mengapa);
    2. Which (Yang mana);
    3. Who (Siapa/Siapa yang); atau
    4. How (Bagaimana/Berapa).

Berikutini adalah beberapa penggunaan kata tanya yang sering muncul pada Tes TOEFL Listening hension Section Part A.
(1) What does the (man/woman) mean?
      (Apa maksud dari (laki-laki/wanita) tersebut?)
(2) What will the (man/woman) probably do (next)?
      (Apa yang mungkin akan dikerjakan oleh (laki-laki/wanita) tersebut (berikutnya)?)
(3) What will the speakers do?
     (Apa yang akan dilakukan oleh pembicara?)
(4) What is the (man/woman) going to do?
     (Apa yang akan dikerjakan oleh (laki-laki/wanita) tersebut?)
(5) What does the (man/woman) plan to do?
     (Apa yang (laki-laki/wanita) tersebut rencanakan?)
(6) What does the (man/woman) imply about...?
      (Apa yang diimplikasikan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
(7)  is the (man's/woman's) problem ?
      (Apa masalah (laki-laki/wanita) tersebut?)
(8) What problem does the (man/woman) think the (man/woman) has?
      (Masalah apa yang menurut (laki-laki/wanita) tersebut dimiliki oleh (laki-laki/wanita) itu?)
(9) What are the speakers talking about?
      (Apa yang sedang dibicarakan oleh para pembicara?)
(10) What does the (man/woman) suggest that the (man/woman) do?
       (Apa saran yang diberikan oleh (laki-laki/wanita) tersebut yang seharusnya dikerjakan oleh (laki-laki/wanita) itu?)
(11) What does the (man/woman) say about...?
       (Apa yang dikatakan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
(12) What does the (man/woman) think about...?
       (Apa yang dipikirkan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
(13) What had the (man/woman) assumed about...?
       (Apa yang telah diasumsikan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)

PART B

Pada Part B, Anda akan mendengar sebuah percakapan panjang (long conversation/dialogue) antara dua orang dan setiap satu percakapan panjang akan diikuti oleh beberapa pertanyaan.

TIP DAN TRIK MENJAWAB SOAL PART B


1. Ketika narator membacakan petunjuk untuk PartB Anda sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas kemudian merekamnya dan memperkirakan tema apa yang akan menjadi perbincangan.
2.  Ketika menyimak conversation, Anda harus mengetahui tema/topik yang dibicarakan.
3.  Waspadalah terhadap masing-masing pertanyaan.
4. Cermati kondisi dan situasi yang terjadi seiama percakapan berlangsung, yakni menyangkut tempat dan waktu pembicaraan, apa dan siapa yang dibicarakan.

Teks lisan setiap percakapan panjang terdiri atas 140 s.d. 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik. Topiknya bersifat lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara seputar sejarah, ilmu pengetahuan atau organisasi universitas, dan kadang-kadang Anda perlu memperhatikan informasi yang berKaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan ini. Di sini, Anda memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam satu percakapan panjang.
    Setelah percakapan panjang selesai, Anda akan mendengar beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali. Pertanyaan tersebut biasanya dimulai dengan kata-kata tanya (question words) terutama:

    •    What (Apa/Apa yang/Berapa                     •  Why (Mengapa)
    •    How (Bagaimana/ Berapa, Bagaimana)     •  Who (Siapa)
    •    Where (Di mana, Ke mana                         •  Whom (Kepada/Dengan Siapa)

Contoh pprtanyaan-pertanyaan yang sering diperdengarkan Part B ini antara lain:
(1) What is the main topic of this conversation?
      (Apa topik utama percakapan ini?)
(2) Where does the conversation take place?
      (Di mana percakapan in berlangsung?)
(3) When did it occur?
      (Kapan ini terjadi?
(4) What will the man probably do next?
      (Apa yang mungkin akan dilakukan pria itu kemudian?)
(5) How does the woman decide to buy a ?
      (Bagaimana wanita itu memutuskan untuk  membeli...?)
(6) Who is the guest speaker?
      (Siapa pembicara tamu itu?)

PART C

Pada Part C, Anda akan mendengarkan ceramah pendek (a short lecture/talk) dan setiap satu mah pendek akan diikuti oleh beberapa pertanyaan. Biasanya setelah kuliah atau ceramah Jek, Anda akan mendengar 3 (tiga) sampai 7 (tujuh) pertanyaan.

TIP DAN TRIK MENJAWAB SOAL PART C


Bila Anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya.
Waspadailah pembicaraan pada kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi kalimat-kalimat selanjutnya.
Fokuskan pendengaran Anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5W (what, who, when, where, why) dan How.
Buatlah kesimpulan/inferasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.
Teks lisan setiap ceramah terdiri atas 140 sampai 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik.Topiknya bersifat lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara tar sejarah, ilmu pengetahuan, atau organisasi universitas, dan kadang-kadang Anda perlu perhatikan informasi yang berkaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan/kuliah ini. Di sini, Anda memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk menjawab beberapa pertanyaan n satu ceramah.
Setelah ceramah selesai, Anda akan mendengar beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali. Pertanyaannya biasanya dimulai dengan Question Words (kata-kata tanya) terutama:
  • What (Apa/Apa yang/Berapa),
  • How (Bagaimana/ Berapa, Bagaimana),
  • Where (Di mana, Ke mana),
  • Why (Mengapa)
  • Who (Siapa), dan
  • Whom (Kepada/Dengan siapa)
Contoh pertanyaan-pertanyaan yang sering diperdengarkan dalam Part C ini meliputi main ideas, details, purpose, and implication:
(1)  Pertanyaan tentang main idea (pikiran utama) biasanya meliputi:
    - What is the main idea of the talk?
      (Apa pikiran utama dari percakapan tersebut?)
    - What is the talk mainly about?
       (Tentang apa percakapan tersebut?)
    - What are the speakers discussing?
       (Apa yang sedang dibicarakan oleh para pembicara?)
    - What would be a good title for the lecture?
      (Judul apa yang baik untuk kuliah tersebut?)
(2)  Pertanyaan mengenai detail percakapan (details) biasanya meliputi:
    - What does the man/woman say about...?
      (Apa yang dikatakan laki-laki/wanita tersebut tentang...?)
    - What does the man/woman want?
      (Apa yang diinginkan laki-laki/wanita tersebut?)
    - What does the man/woman suggest about...?
       (Apa saran laki-laki/wanita tersebut tentang...?)
    - What is the man/woman describing?
      (Apa yang laki-laki/wanita tersebut deskripsikan?)
(3)  Pertanyaan mengenai tujuan (purpose) biasanya meliputi:
    - Why did...?
      (Mengapa (bentuk lampau)...?)
    - Why is... ?
      (Mengapa (bentuk kini)...?)
    - Why does the man/woman think...?
      (Mengapa laki-laki/wanita tersebut mengira...?)
    - Why does the speaker mention...?
       (Mengapa pembicara menyebutkan...?)
(4)  Pertanyaan mengenai maksud atau implikasi (implication) biasanya meliputi:
    - What does the speaker imply about...?
      (Apa yang pembicara maksud tentang...?)
    - What does the speaker infer about...?
      (Apa yang pembicara simpulkan tentang...?)
    - What does the man/woman mean when he/she says...?
      (Apa yang laki-laki/wanita tersebut maksud ketika dia mengatakan...?)
(5)  Pertanyaan lain pada bagian ini bisa saja meminta Anda untuk memilih gambar, mencocokkan pertanyaan, dan mengelompokkan jawaban berdasarkan kategori. Contohnya:
    - You may be asked to pick out the correct drawing from what was described in words.
     (Anda mungkin diminta untuk memilih gambar yang sesuai dengan apa yang dideskripsikan dengan kata-kata.)
    - You may be asked to match two concepts together.
      (Anda mungkin diminta untuk mencocokkan dua konsep bersama-sama)
    - You may be asked to determine the sequence of events.
      (Anda mungkin diminta untuk menentukan urutan kejadian)
    - you may be asked to categorize certain concepts.
      (Anda mungkin diminta untuk mengkategorikan konsep tertentu)

Demikian artikel Tips Belajar Soal Tes TOEFL Listening Comprehension kami persembahkan untuk Anda yang kami kutip dari buku "Upgrade TOEFL SCORE".


DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
REAL Pendidikan Bahasa Inggris dengan Native Speaker Berkualitas dan Bersertifikat Internasional.

LEARN ENGLISH WITH NATIVE SPEAKERS…
CP. Shinta Dewi 085725068738
 
Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lanjut..
Read more...

Contoh Soal TOEFL Listening Comprehension

0 komentar

Dalam tes TOEFL, Anda akan diuji dalam memahami teks lisan (Listening Comprehension), memahami struktur dan ungkapan model tulisan (Structure and Written Expression) yang berkaitan dengan tata bahasa Inggris, memahami bacaan (Reading Comprehension), dan kemampuan memahami menulis (Writing). Soal Listening dalam tes TOEFL bertujuan untuk menguji kemampuan dalam memahami bahasa lisan. Namun, tidak hanya sekadar kemampuan mendengarkan bahasa Inggris lisan, tapi juga pengetahuan tata bahasa Inggris (grammar) yang memadai. Semua kalimat dalam bagian ini menggunakan kalimat gramatikal dan biasanya dalam bentuk kalimat lengkap yang diucapkan dalam percakapan bahasa Inggris. Dalam contoh soal TOEFL Listening ini, kami akan membahas terlebih dahulu bagian-bagian yang diuji dalam tes TOEFL.
Bagian listening comprehension terdiri dari tiga bagian dengan 50 pertanyaan.
1. Bagian A (Part A) terdiri dari 30 pertanyaan (short conversation/dialogue)
2. Bagian B (Part B) terdiri dari 7 sampai 8 pertanyaan (long conversation)
3. Bagian C (Part C) terdiri dari 11 sampai 13 pertanyaan (talk).
Untuk menjawab 50 pertanyaan tersebut, Anda diberi waktu 35 - 45 menit. Jadi, Anda memiliki waktu antara 12-15 detik untuk menjawab 1 soal.

 

I. Short Conversation (Part A).

Pada Part A, Anda akan mendengar sekitar 30 percakapan pendek antara dua orang dan setiap satu percakapan akan diikuti oleh satu pertanyaan. Rata-rata satu pembicara hanya berbicara satu kali. Ketika Anda mendengarkan percakapan harus memerhatikan dengan cermat ungkapan yang diucapkan oleh pembicara kedua, karena biasanya kata kunci untuk menjawab berada pada kalimat yang diucapkan oleh pembicara kedua. Untuk menjawab soal-soal di bagian ini, Anda dapat membaca tips dan triknya secara spesifik dalam Trik dan Cara Menjawab Soal Listening Part A.
Pada Bagian A (Part A) terdapat petunjuk dalam lembar soal yang harus Anda baca dengan cermat.
Berikut ini contoh petunjuk atau perintah tersebut dalam contoh soal TOEFL listening Part A.

Directions
In Part A, you will hear short conversation between two speakers. At the end of each conversation a third voice will ask a question about waht was said. The question will be spoken just one time. After you hear a conversation and the question about it, read the four possible answers and decide which one would be the best answer to the question you have heard. The on your answer sheet find the number of the problem and mark your answer.

Petunjuk
Pada Bagian A, Anda akan mendengarkan percakapan-percakapan pendek antara dua pembicara. Di akhir setiap percakapan, ada suara ketiga yang menanyakan tentang apa yang diungkapkan dalam percakapan. Pertanyaan hanya akan diucapkan sekali. Setelah Anda mendengarkan sebuah percakapan dan pertanyaan tentang percakapan tersebut, bacalah keempat pilihan jawaban dan tentukan mana yang merupakan jawaban terbaik dari pertanyaan yang telah Anda dengar. Kemudian, pada lembar jawaban Anda, lihatlah nomor soal dan hitamkan pilihan jawabannya.
Setelah membaca petunjuk di atas, Anda akan mendengar sebuah percakapan pendek sebagai berikut.

(Man)      : I am trying to find a book by author Sterling Watson. Do you know where I should look?
(Woman) : He's a fiction writer, isn't he? Log on to this computer. Click on fiction, and then search by author name. See? Oh, he has written quite a few books, although I've never heard of him.
(Man)    : His books were never in the top ten, but I like his style. I took a class from him at the University of Florida.
Narrator :  What does the man say about Sterling Watson?

Tulisan dalam buku test Anda:
A.  He is required to read one of his books but does not like his writing.
B.  He has never read any of his works previously.
C.  He appreciates his writing style.
D.  He learned about his books from a computer.
Jawaban :  (C) He appreciates his writing style.
Keyword : I like his style
Pembahasan : "His books were never in the top ten, but I like his style" yang dinyatakan oleh laki-laki tersebut jelas bahwa buku-buku pengarang tersebut tidak pernah pada urutan sepuluh terbaik tetapi dia menyukainya yang berarti bahwa laki-laki tersebut menghargai tulisan sang penulis.

 

II. Long Conversation (Part B)

Pada Part B, Anda akan mendengar sebuah percakapan panjang (a long conversation/dialogue) antara dua orang dan setiap satu percakapan panjang akan diikuti oleh beberapa pertanyaan.
Teks lisan setiap percakapan panjang terdiri atas 140 s.d. 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik. Topiknya bersifat lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara seputar sejarah, ilmu pengetahuan, atau organisasi universitas, dan kadang-kadang Anda perlu memerhatikan informasi yang berkaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan ini. Di sini, Anda memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam satu percakapan panjang.
Setelah percakapan panjang selesai, Anda akan mendengar beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali. Untuk menjawab soal-soal di bagian ini, Anda dapat membaca tips dan triknya secara spesifik dalam Trik dan Cara Menjawab Soal Listening Part B.
Berikut ini adalah contoh soal TOEFL listening Part B, dan tapescript percakapan panjang.
Directions
In Part B, you will hear longer conversations. After each conversation, you will be asked some questions. The conversations and questions will be spoken just one time. They will not be written out for you, so you will have to listen carefully in order to understand and remember what the speaker says.
When you hear a question, read the four possible answers in your test book and decide which one would be the best answer to the question you have heard. Then, on your answer sheet, find the number of the problem and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.
Petunjuk
Di Bagian B, Anda akan mendengar percakapan-percakapan yang lebih panjang. Setelah satu percakapan panjang diperdengarkan, Anda akan diberi beberapa pertanyaan. Percakapan dan pertanyaan-pertanyaan hanya akan diucapkan sekali. Pertanyaan-pertanyaan itu tidak akan dijumpai di lembar soal, sehingga Anda harus mendengarkan dengan cerrmat supaya bisa memahami dan mengingat apa yang dibicarakan oleh pembicara.
Ketika Anda mendengarkan satu pertanyaan, bacalah pilihan-pilihan jawaban yang ada di buku soal dan tentukan satu yang merupakan jawaban terbaik dari pertanyaan yang telah Anda dengar. Kemudian pada lembar jawab, temukan nomor soal dan hitamkan bundaran yang sesuai dengan pilihan Anda.

Setelah membaca petunjuk dengan jelas, Anda akan mendengar sebuah percakapan panjang yang diikuti oleh beberapa pertanyaan.
(Man) :  I can't believe we have to read this entire book by Monday.
(Woman) : Some teachers think you have nothing else to do besides prepare for their class.
(Man) : Well, my boss thinks the same thing about my job — that it's the only thing I have to do.
(Woman) : Oh, I didn't know you were working. What do you do?
(Man) : I do bookkeeping work for a small company on Saturdays. This weekend, I have to prepare end of the quarter reports to give to the accountant on Monday.
(Woman) : You'd better start reading soon.

Narrator : 1. What does the man imply about the assignment?
                  2. What does the man imply about some teachers?
                  3. What does the woman suggest that the man do?
                  4. What does the man say about his work?
Tulisan dalam buku test Anda:
1.  A. It is too much to read in such a short time.
    B. He has already read the material.
    C. He can read at work.
    D. The teacher knows that he has a job.
2. A. They are understanding.
    B. They give thought-provoking assignments.
    C. They act like taking their class is the only thing a student has to do.
    D. They are unprepared.
3. A. Skip work
    B. Begin work on the assignment as soon as possible
    C. Quit the class
    D. Stay up all night
4. A. He does manual labor.
    B. He dislikes his job.
    C. His employer is very understanding.
    D. He works with figures.
Pembahasan untuk soal-soal di atas adalah:
1. Jawab : (A)     It is too much to read in such a short time
    Keyword : can't believe
   Pembahasan :  Ungkapan "can't believe" mengindikasikan bahwa yang diungkapkan tersebut suatu hal yang luar biasa/ memberatkan.
2. Jawab : (C) They act like taking their class is the only thing a student has to do
    Key word : Some teachers think you have nothing else to do besides prepare for their class
   Pembahasan : Kalimat pada kata kunci mengimplikasikan bahwa para guru tidak terlalu peduli pada kesibukan para siswa, dan para guru berfikir bahwa para siswa tersebut hanya mengikuti kelas mereka.
3. Jawab : (B) Begin work on the assignment as soon as possible
    Key word :  You'd better start reading soon.
   Pembahasan : Kalimat pada kata kunci mengindikasikan bahwa sebaiknya sang laki-laki segera memulai pekerjaannya secepat mungkin.
4. Jawab : (D) He works with figures
    Keyword :  my boss thinks the same thing about my job
   Pembahasan :  Dari yang diucapkan laki-laki tersebut bisa disimpulkan bahwa dia bekerja pada orang lain.

 

III. Talk (Part C)

Pada Part C, Anda akan mendengarkan ceramah pendek (a short lecture/talk) dan setiap satu ceramah pendek akan diikuti oleh beberapa pertanyaan. Pada Part C, Anda akan mendengar teks lisan, yakni kuliah/ceramah pendek (a short lecture). Biasanya setelah kuliah atau ceramah pendek, Anda akan mendengar 3 (tiga) sampai 7 (tujuh) pertanyaan.
Teks lisan setiap ceramah terdiri atas 140 sampai 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik. Topiknya bersifat lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara seputar sejarah, ilmu pengetahuan, atau organisasi universitas dan kadang-kadang Anda perlu memerhatikan informasi yang berkaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam percakapan, kuliah ini. Di sini, Anda memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam satu ceramah.
Setelah ceramah selesai, Anda akan mendengar beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali.
Berikut ini adalah sebuah contoh soal serta script salah satu ceramah.

Directions
In Part C, you will hear several talks. After each talk, you will be asked some questions. The talks and questions will be spoken just one time. They will not be written out for you, so you will have to listen carefully in order to understand and remember what the speaker says.
When you hear a question, read the four possible answers in your test book and decide which one would be the best answer to the question you have heard. Then, on your answer sheet, find the number of the problem and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.

Petunjuk
Pada Bagian C, Anda akan mendengar beberapa pembicaraan/ceramah. Setelah ceramah, Anda akan diberi beberapa pertanyaan. Teks ceramah dan pertanyaan- pertanyaan akan diucapkan sekali saja. Teks ceramah dan pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak akan ditunjukkan secara tertulis kepada Anda, karena itu Anda harus mendengarkan secara cermat agar bisa memahami dan mengingat apa yang diucapkan oleh pembicara. Ketika Anda mendengar sebuah pertanyaan, bacalah keempat pilihan jawaban di buku soal Anda dan tentukan satu jawaban terbaik untuk pertanyaan yang telah Anda dengar. Kemudian pada lembar jawab, temukan nomor soal dan hitamkan huruf yang cocok dengan pilihan jawabannya.

Setelah membaca petunjuk di atas, bacalah soal yang mengikutinya. Berikut ini adalah contoh soal TOEFL listening untuk Part C. Untuk menjawab soal-soal di bagian ini, Anda dapat membaca tips dan triknya secara spesifik dalam Trik dan Cara Menjawab Soal Listening Part C.

Script Suara Ceramah pada Part C
The reason we're meeting today is to introduce the plan for our new office layout. Starting next month, instead of cubicles, we will have an open office. There will be no cubicle walls or partitions. Instead, desks will be arranged in clusters for each department. The desks in each department will be facing each other in clusters of four or six. We feel this will facilitate better communication between workers in each departments. It will also create a more welcoming environment for clients.
The department managers will still have their own offices, but each will have large windows and glass doors, to make employees and clients feel welcome to come inside. We're also going to paint the walls and put in new carpeting. The project will start on the first of next month and should take about three weeks to complete. We will be moving to the third floor during that period.

Script Suara Pertanyaan Narrator
1. What is the speaker mainly discussing ?
2.  What does the speaker say about the new layout?
3.  What is NOT true about plans for the office?


Tulisan dalam buku tes Anda:
1.  A. An office renovation
     B. Building construction
     C. A marketing campaign
     D. New carpeting
2.  A. The desks will be facing away from each other.
     B. Department managers will sit in cubicles.
     C. It will increase the number of sales to clients.
     D. It will improve employee communication.
3.  A. The walls will be painted.
     B. New carpeting will be installed.
     C. Work will begin next year.
     D. The work will take three weeks.

Jawaban yang tepat untuk soal-soal di atas adalah:
1. Jawab : (A) An office renovation
    Keyword : our new office layout
    Pembahasan : Dari kata kunci bisa diketahui bahwa kantor tersebut akan direnovasi.
2. Jawab : (D) It will improve employee communication.
    Key word : will facilitate better communication
    Pembahasan : Frase "better communication" bermakna sama dengan "improve communication"
3. Jawab : (C) Work will begin next year
    Keyword : not true; start on the first of next month

   Pembahasan : Karena permulaannya bulan berikutnya dan membutuhkan waktu kira-kira tiga minggu, jadi pernyataan yang tidak benar adalah bahwa pekerjaan akan dimulai tahun depan.
Demikian penjelasan tengan "Contoh Soal TOEFL Listening Comprehension" dalam artikel ini. Contoh soal bagian lainnya bisa dipelajari dalam Contoh Soal TOEFL Structure and Written Expression dan Contoh Soal Pembahasan Reading Comprehension Tes TOEFL.


DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
REAL Pendidikan Bahasa Inggris dengan Native Speaker Berkualitas dan Bersertifikat Internasional.

LEARN ENGLISH WITH NATIVE SPEAKERS…
CP. Shinta Dewi 085725068738
 
Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lanjut..
Read more...

Contoh Soal TOEFL Structure and Written Expression

0 komentar
Structure and Written Expression dalam TOEFL bertujuan untuk menguji kemampuan Anda dalam mengidentifikasi bahasa Inggris tulis yang digunakan dalam situasi formal (formal written English). Banyak ekspresi-ekspresi bahasa Inggris yang bisa diterima dalam komunikasi lisan, namun tidak bisa diterima atau tidak lazim digunakan dalam komunikasi tulis, apalagi yang bersifat formal.
Soal Structure and Written Expression terdiri dari dua bagian, struktur kalimat (structure) dan ekspresi bahasa Inggris tulis (written expression). Structure and Written Expression terdiri dari 40 soal, terdiri dari 15 soal structure (nomor 1 sampai dengan 15) dan 25 soal untuk written expression (nomor 16 sampai dengan 40). Waktu untuk mengerjakan 40 soal ini adalah 25 menit.
Pada bagian Structure Anda diharuskan mencari jawaban yang benar untuk melengkapi kalimat yang dikosongkan. Sedangkan pada bagian Written Expression, Anda diharuskan mencari jawaban yang salah dari kalimat yang digarisbawahi. Berikut ini bentuk contoh soal tes TOEFL Structure and Written Expression.

A. Contoh Soal TOEFL Structure

1. _____ the demands of aerospace, medicine, and agriculture, aengineers, are creating exotic new metallic substances.
    (A) Meet
    (B) Being met are
    (C) To meet
    (D) They are meeting
2. _______ James A. Bland, “Carry Me Back to Old Virginny” was adopted is the state song of Virginia in 1940.
    (A) Was written b
    (B) His writing was
    (C) He wrote the
    (D) Written by
3. Mary Garden, ______ the early 1900’s was considered one of the best singing actresses of her time.
    (A) a soprano was popular
    (B) in a popular soprano
    (C) was a popular soprano
    (D) a popular soprano in
4. In the realm of psychological theory Margaret F. Washburn was a dualist _____ that motor phenomena have an essential role in psychology.
    (A) who she believed
    (B) who believed
    (C) believed
    (D) who did she believe

A. Contoh Soal TOEFL Written Expression

16. On Ellesmere Island in the Arctic one fossil forest consist of a nearly hundred
                                                                                        A                 B
      large stumps scattered on an exposed coal bed.
                                C                       D
17. The surface conditions on the planet Mars are the more like the Earth’s than are
                                A                                                    B                                C
       those of any other planet in the solar system.
                               D
18. The midnight sun is a phenomenon in which the Sun visible remains in the sky
                                   A                                                              B                   C
       for twenty-four hours or longer.
                                               D  
19. The Humber River and its valley form a major salmon-fishing, lumbering, hunting,
                                           A              B         C
       and farmer region in western Newfoundland, Canada.
                 D

Pembahasan Soal dan Jawaban

A. Structure
1. Jawab               : (C) To meet
    Keyword          : the demands of aerospace
    Pembahasan    : Pola infinitive phrase: to infinitive + object of to infinitive
                             Kalimat tersebut menyatakan tujuan atau maksud. Maka dibutuhkan to infinitive phrase.
                             Sehingg pilihan phrase yang tepat untuk mengisi rumpang tersebut adalah to meet.
2. Jawab               : (D) Written by
    Keyword          : James A. Bland
   Pembahasan   : Kalimat di atas membutuhkan Adjective Phrase untuk menerangkan kata benda “Carry Me Back to Old Virginny”.
                              Frasa ajektif yang paling tepat adalah Written by. Mengapa disebut frasa ajektif, karea past participle (v3) yang
                              tidak ditemani bentuk be atau have adalah sebuah ajektif.
3. Jawab              : (D) a popular soprano in
    Keyword         : Mary Garden
   Pembahasan   : Kalimat pada soal membutuhkan Appositive Phrase. Mary Garden dan appositive phrase (a popular soprano)
                              memiliki makna yang sama. Maka jawaban yang tepat adalah a popular soprano in.
4. Jawab                : (B) Who believed
    Keyword           : a dualist
    Pembahasan     : Pola adjective clause : (Conj. + S + V).
                              Untuk menerangkan kata benda a dualist maka klausa yang tepat adalah who believed.
B. Written Expression.
16. Jawab               : (B) a nearly
      Keyword          : hundred large stumps
      Pembahasan    : a nearly -> nearly
                               Kata “a nearly” tidak memerlukan indefinite article/determiner “a”, karena kata benda stumps adalah plural.
17. Jawab              : (B) The more
      Keyword         : the planet Mars
      Pembahasan   : the more -> more
                               Pola comparative: more ___ than ___
                               Maka seharusnya tidak perlu definite article “the” tapi cukup “more” saja.
18. Jawab              : (B) visible remains
      Keyword         : the sun
      Pembahasan   : visible remains -> remains visible
                               Kata the sun dalam anak kalimat di atas memerlukan predicate bukan noun phrase (visible remains).
                               Yang tepat seharusnya remains visible.
19. Jawab              : (D) farmer
      Keyword         : and
      Pembahasan   : farmer -> farming
                             Konjungsi and digunakan untuk menghubungkan kelas kata yang sederajat. Karena sebelum “and” bentuk katanya adalah gerund maka kata farmer seharusnya diubah dalam bentuk gerund juga yaitu farming.

Demikian contoh soal TOEFL Structure and Written Expression yang dibagi kedalam dua bentuk soal dan jawaban. Contoh soal bagian lainnya bisa dipelajari dalam Contoh Soal TOEFL Listening Comprehension dan Contoh Soal Pembahasan Reading Comprehension Tes TOEFL.



DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
REAL Pendidikan Bahasa Inggris dengan Native Speaker Berkualitas dan Bersertifikat Internasional.

LEARN ENGLISH WITH NATIVE SPEAKERS…
CP. Shinta Dewi 085725068738
 
Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lanjut..

Read more...

Cara Menjawab Soal TOEFL Structure (2)

0 komentar

Perhatikan Betul Objek (Object) dari Kata Depan (Preposition)

Preposisi selalu diikuti kata benda (noun), bukan kata kerja (verb). Kata benda tersebut berlaku sebagai objek. Kata benda ini dapat berupa noun (kata benda), proper noun (nama), pronoun (kata ganti), noun group/noun phrase (kelompok kata kerja), dan gerund (kata kerja yang dibendakan).  Cara menjawab soal TOEFL structure jenis ini, perhatikan penjelasan berikut.
Preposisi yang diikuti kata benda tersebut, seperti as, in, at, of, to, by, behind, on, dan sebagainya, untuk membentuk frase preposisional. Daftar preposisi lainnya yang biasa digunakan dapat Anda lihat dalam apendiks
Perhatikan kalimat berikut.
    (After his exams) Tom will take a trip (by boat).
Kalimat di atas mengandung dua objek preposisi. Exams (ujian) adalah objek dari preposisi after. Sedangkan boot (perahu) adalah objek preposisi by.
Sebuah objek dari preposisi juga dapat menimbulkan kebingungan dalam pertanyaan tes TOEFL STRUCTURE. Sebab, bisa saja Anda mengira objek tersebut sebagai subjek dalam sebuah kalimat.

Perhatikan contoh berikut.
    With his friend________ found the movie theater
    (A)    has
    (B)    he
    (C)    later
    (D)    when
Pembahasan Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, yang pertama kali harus Anda lihat adalah subject dan kata kerja (verb). Tampak bahwa found  sebagai kata kerja, tapi tidak ditemukan adanya subjek. Jangan berpikir bahwa friend adalah subjek, namun friend adalah objek dari preposisi with. Sebab, satu kata benda tidak bisa menjadi subjek dan obyek sekaligus secara bersamaan. Karena yang dibutuhkan dalam pertanyaan di atas adalah mencari subjek, maka jawaban (B), he,  adalah jawaban terbaik. Sedangkan (A), (C), dan (D) bukan jawaban yang benar, karena ketiganya tidak bisa menjadi subjek.

RUMUS JAWABAN CARA 2

Berikut ini rumus pembentukan preposisi.
( [Subject+Verb] + Prepositions + Noun )



DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
REAL Pendidikan Bahasa Inggris dengan Native Speaker Berkualitas dan Bersertifikat Internasional.

LEARN ENGLISH WITH NATIVE SPEAKERS…
CP. Shinta Dewi 085725068738

Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lanjut..

Read more...

Cara Menjawab Soal TOEFL Structure (1)

0 komentar
Anda tahu bahwa kalimat dalam bahasa Inggris harus memiliki subjek (subject) dan kata kerja (verb). Jenis yang paling umum dalam pertanyaan STRUCTURE TOEFL Test ialah mengenai subject dan verb: mungkin kata yang dikosongkan, baik subject atau verb atau keduanya, atau mungkin kata yang memiliki subject tambahan atau verb tambahan. Cara menjawab soal TOEFL structure jenis ini, perhatikan beberapa contoh berikut.
Contoh 1:
_________ was backed up for miles on the freeway.
    (A)      Yesterday
    (B)      In the morning
    (C)      Traffic
    (D)      Cars

Pembahasan Soal dan Jawaban
Dalam contoh di atas Anda melihat langsung bahwa ada sebuah kata kerja (verb), tapi tidak ada subjek. Jawaban (C) adalah jawaban yang tepat karena mengandung subjek tunggal "traffic" dan sesuai dengan kata kerja tunggal "was". Jawaban (A), "yesterday", dan jawaban (B),  "in the morning", bukanlah subjek, karenanya keduanya tidak benar. Meskipun jawaban (D), "cars", bisa jadi subjek,  itu pun tidak benar. Karena "cars"  berbentuk jamak, sehingga tidak sesuai dengan kata kerja tunggal "was".

Contoh 2:
Engineers________ for work on the new space program.
    (A)     necessary
    (B)     are needed
    (C)     hopefully
    (D)     next month

Pembahasan Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, bahwa kalimat di atas, Engineers sebagai subject, namun tidak ditemukan kata kerja (verb). Karenanya, jawaban (B) merupakan jawaban paling tepat. Karena "are needed"  adalah kata kerja.  Sedangkan, jawaban (A), (C), dan (D) bukanlah verb, sehingga bukanlah jawaban yang benar.
Contoh 3:
Fitzgerald_______ the society of the 1920's in his novel, The Great Gatsby.
    (A)     reflect
    (B)     reflects
    (C)     are reflecting
    (D)     have reflected

Pembahasan Soal dan Jawaban
Fitzgerald merupakan subjek orang ketiga tunggal. Maka, kata kerja yang mengikutinya juga harus dalam bentuk tunggal. Karenanya, jawaban yang tepat ialah (B).

RUMUS JAWABAN CARA 1

 Perhatikan bagan berikut ini tentang penggunaan subject dan verb yang sesuai dalam sebuah kalimat:

 

 

DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
REAL Pendidikan Bahasa Inggris dengan Native Speaker Berkualitas dan Bersertifikat Internasional.

LEARN ENGLISH WITH NATIVE SPEAKERS…
CP. Shinta Dewi 085725068738
 
Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lanjut..

 

Read more...

Cara Menghitung Score TOEFL

0 komentar

TOEFL Score Conversion

Saat Anda menjalani latihan tes mandiri, Anda pun bisa menghitung sendiri skor TOEFL Anda. Gunakan tabel berikut untuk mengetahui skorTOEFL Anda.

Contoh: Menghitung Skor TOEFL

Gunakan Tabel di atas untuk menghitung SkorTOEFL Anda, misalnya sebagai berikut:

Dari tabel konversi di atas, kita lihat jika dikonversikan nilai terendah/minimum skor TOEFL adalah 217 apabila kita tidak mampu menjawab satu pun yang benar. Sedangkan nilai tertinggi/maksimum skor TOEFL adalah 677.

Akan tetapi, dalam tes TOEFL yang berkepentingan untuk mengukur standar tingkat atau level penguasaan bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh suatu lembaga atau pihak-pihak tertentu yang membutuhkan sertifikat TOEFL, ada 4 tingkatan level skor yang diakui, dengan nilai minumum skor 310. Yaitu sebagai berikut.

1. 310-420 = tingkat dasar (elementary)
2. 420-480 = tingkat menengah bawah (low intermediate)
3. 480-520 = tingkat menengah atas (high intermediate)
4. 525-677 = tingkat mahir (advance)

Demikian di atas adalah cara menghitung skor TOEFL untuk format tes TOEFL PBT (paper based test), yang juga biasanya digunakan dalam tes TOEFL ITP. Sedangkan untuk format CBT dan IBT perhitungannya berbeda dengan format PBT. Untuk mengetahui perhitungan skor TOEFL IBT dan CBT, silakan baca dalam "Cara Menghitung Skor TOEFL CBT dan iBT".

Biasanya, skor TOEFL standar yang dibutuhkan untuk tes CPNS dan kuliah pascasarjana berkisar antara poin 2 dan 3. Sedangkan, untuk kepentingan sekolah ke luar negeri dibutuhkan skor TOEFL tingkat mahir (advance), tapi ada juga yang dapat menerima skor TOEFL tingkat menengah atas. Skor yang mereka butuhkan sebagai persyaratan yang mereka buat bisa saja berubah sesuai aturan atau kebijakan mereka. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengecek ulang skor TOEFL yang mereka butuhkan.


DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
REAL Pendidikan Bahasa Inggris dengan Native Speaker Berkualitas dan Bersertifikat Internasional.

LEARN ENGLISH WITH NATIVE SPEAKERS…
CP. Shinta Dewi 085725068738
 
Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lanjut..
Read more...

Belajar TOEFL Sendiri

0 komentar
Mempersiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL dapat dilakukan sendiri. Cara ini akan lebih menghemat biaya dan lebih kondusif dengan waktu dan kesibukan Anda. Hanya saja, untuk Belajar TOEFL Sendiri, Anda harus memiliki bahan uji yang tepat untuk persiapan. Selain itu, Anda harus melengkapi dengan sumber daya online yang cukup untuk studi komprehensif. Oleh karena itu, penting bagi Anda mencari dan men-download materi uji yang tepat untuk persiapan belajar yang memadai.

Bagaimana Mempersiapkan Bahan TOEFL untuk melengkapi Belajar Anda?

Carilah sumber daya penelitian yang dapat diandalkan agar dapat melengkapi seluruh silabus bagian TOEFL dan memberikan soal latihan yang cukup beserta kunci jawaban untuk pemahaman yang lebih baik. Elemen penting lainnya dari modul belajar TOEFL atau bahan uji materi TOEFL yang tepat adalah: Bahan persiapan yang luas untuk memecahkan pertanyaan yang berbeda dari masing-masing tes, sehingga membangun keterampilan Anda dalam menghadapi soal-soal berbeda dari setiap bagian tes. Forum online dan diskusi menyediakan ruang yang baik untuk mempelajari tes melalui interaksi satu sama lain untuk berbagi masalah dan solusi terkait tes TOEFL. Contoh-contoh pertanyaan dan tes praktik sangat membantu dalam membuat Anda memiliki pengalaman ketika menghadapi tes TOEFL. Anda juga mesti belajar mengatur waktu ketika menjawab soal TOEFL dan berbagai tips untuk mengurangi kekeliruan Anda menjawab soal TOEFL. Lakukan evaluasi diri dari setiap perkembangan belajar Anda dengan melihat setiap hasil jawaban pada contoh-contoh soal tes. Dan terus asah, sehingga Anda benar-benar mengerti karakteristik soal dan jawabannya.


DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
REAL Pendidikan Bahasa Inggris dengan Native Speaker Berkualitas dan Bersertifikat Internasional.

LEARN ENGLISH WITH NATIVE SPEAKERS…
CP. Shinta Dewi 085725068738
 
Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lanjut..
Read more...

Strategi dan Tips Lulus Tes TOEFL dengan Skor Tinggi

0 komentar
TOEFL adalah tes yang dapat membentuk masa depan Anda. Bayangkan jika Anda mendapatkan skor tinggi dan masuk universitas favorit Anda serta mendapatkan beasiswa sekolah ke luar negeri. Untuk alasan ini, sangat penting untuk mencurahkan waktu dan sumber daya dan melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan Tes TOEFL Anda. Pada bagian ini kami telah menyiapkan beberapa tips lulus tes TOEFL yang dapat membantu Anda selama proses persiapan dan juga selama tes.

 

Tips Umum Sebelum Mengikuti Tes TOEFL

  1. Sangat penting Anda memiliki pengetahuan tentang bahasa Inggris sebelum memulai persiapan TOEFL. Semakin tinggi tingkat penguasaan bahasa Inggris Anda, harapannya semakin besar pula mendapatkan level yang tinggi.
  2. Gunakan waktu yang cukup untuk persiapan tes TOEFL Anda. Mulailah segera setelah Anda memutuskan untuk mengikuti tes.
  3. Mengembangkan program studi dan mengikuti program yang sudah dibuat. Studi secara teratur (setiap hari). Jangan mencoba untuk mempelajari segala sesuatu tepat sebelum ujian. Hal ini tidak efektif.
  4. Cobalah untuk menyelami bahasa Inggris lebih dalam. Misalnya, menonton TV berbahasa Inggris, film, mendengarkan radio bahasa Inggris, membaca berbagai teks bahasa Inggris. Manfaatnya untuk meningkatkan pemahaman membaca dan mendengarkan. Berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris sebanyak yang Anda bisa. Tidak ada salahnya juga jika Anda harus berbicara kepada diri sendiri di depan cermin. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kefasihan Anda.
  5. Meningkatkan pembendaharaan kosakata (vocabulary). Anda akan membutuhkannya pada setiap tahap tes TOEFL. Sistematis menambahkan kata-kata baru ke wordlist Anda. Cobalah untuk mengingatnya, dan yang lebih penting, gunakan mereka ketika berbicara atau menulis.
  6. Mengidentifikasi sisi lemah Anda dan bekerja lebih keras untuk memperbaikinya. Sebagai contoh, jika Anda merasa keterampilan terlemah Anda menulis, mulailah menulis lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. Cobalah untuk menulis dalam bahasa Inggris.
  7. Buatlah manajemen waktu belajar Anda. Coba kurangi waktu untuk tugas-tugas tertentu agar lebih fokus dalam materi TOEFL.
  8. Belajarlah untuk mendengarkan dan membaca petunjuk yang diberikan pada masing-masing komponen TOEFL dengan hati-hati.
  9. Gunakan catatan dalam setiap perkembangan belajar Anda.
  10. Tes TOEFL® bisa dikatakan sukar. Di sana terdapat banyak soal yang mengecoh. Selain itu, waktu yang tersedia sangat pendek. Dalam waktu 130 menit harus mengerjakan 140 soal dan mengerjakan esai 300 kata dalam waktu 30 menit. Untuk ujian listening, peserta ujian harus mengerahkan konsentrasi karena percakapannya sangat cepat, sering tidak jelas, dan hanya diputar satu kali. Pemahaman Anda tentang tata bahasa Inggris akan sangat berperan. Hati-hati dengan tipe soal penjebak. Penulis tes TOEFL® seringkali menggunakan pengecoh (distractor) yang membuat jawaban salah menjadi kelihatan benar. Karena itu, Anda harus berusaha memahami soal beserta pilihan jawabannya dengan cermat. Jangan sampai Anda terjebak oleh pengecoh dalam soal.
  11. Kenali tes tersebut sedini mungkin mengenai kemampuan apa saja yang akan diujikan dalam tes TOEFL®. Mempelajari terlalu banyak materi dalam waktu singkat bukanlah teknik efektif dalam menghadapi tes TOEFL®.
  12. Topik pembicaraan dalam soal tes TOEFL® biasanya didasarkan pada sejarah Amerika Serikat atau negara lain tempat bahasa Inggris digunakan dan lingkungan sosialnya. Karena itu, orang yang telah memahami tentang sejarah Amerika dan lingkungan di sana akan lebih diuntungkan.
  13. Soal-soal TOEFL® tidak akan menggunakan permasalahan-permasalahan kontroversial yang berkaitan dengan soal agama, kematian, perbedaan politik, perselisihan sejarah, kejahatan, dan topik-topik yang berhubungan dengan masalah etnis.
  14. Tentukan tujuan-tujuan dan pastikan bahwa Anda telah memiliki target kesuksesan. Dalam tes TOEFL®, masing-masing kemampuan anggaplah memiliki porsi yang sama. Pelajari masing-masing kemampuan tersebut dengan hati-hati dan luangkan waktu lebih untuk mempelajari kemampuan yang Anda anggap sulit atau tidak Anda kuasai dengan baik.
  15. Perhatikan baik-baik prosedur pelaksanaan tes. Pastikan Anda cukup memahami apa yang harus dilakukan setiap bagian (section), seberapa panjang dan spesifik tipe-tipe pertanyaan yang disajikan. Ada banyak sumber tersedia yang dapat membantu Anda berlatih.
  16. Belajarlah secara berpasangan atau tim sehingga dimungkinkan Anda mendapat ide-ide segar yang belum Anda ketahui dari mereka.
  17. Carilah bantuan atau arahan dari para guru, teman, dan native speakers.
  18. Jangan menyia-nyiakan kesempatan. Jika Anda tidak mengetahui di mana tes TOEFL® diselenggarakan, berusahalah untuk mencari tahu sebelum tes berlangsung.
  19. Pastikan semua yang Anda butuhkan dalam tes sudah Anda persiapkan dan dibawa pada pagi harinya, misalnya formulir pendaftaran, kartu identitas, nomor tes, pena, pensil, dan penghapus. Cek artikel-artikel apa saja yang Anda perlakukan berkaitan dengan tes. Aktifkan alarm Anda pada malam sebelum tes.
  20. Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk tidur, sarapan, dan minum. Makan pagi yang baik. Jangan makan makanan yang akan mengganggu aktivitas pagi itu, misalnya terlalu pedas atau asam. Jika diperlukan, bawalah beberapa makanan ringan atau minuman yang dapat Anda santap jika diberikan waktu istirahat. Namun, jangan membawa makanan dan minuman tersebut dalam ruang tes apalagi menyantapnya. Pakailah jam tangan agar Anda dapat mengukur waktu pengerjaan tes.
  21. PRAKTIK, PRAKTIK, PRAKTIK. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik.

Kunci Tes TOEFL Per-section

 

A. Tes TOEFL Listening Comprehension 

Kunci umum

1. Pahami bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sbelum hari H ujian.
2. Bacalah pilihan pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang membacakan direction dan contoh soal (example).
3. Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan focuskan perhatian anda pada percakapan yang sedang anda dengarkan.
4. Memaksimalkan kemampuan listening anda pada soal-soal pertama pada masing part.

Part A: short conversation
5. Fokuskan pendengaran anda pada orang kedua.
6. Jangan panik jika tidak bisa memahami kata demi kata dalam percakapan secara komplit. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi percakapan.
7. Bila anda sma sekali tidak bisa memahami apa yang dibicarakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari apa yang anda dengar.
8. Pahami bentuk-bentuk funtional expression (agreement [persetujuan]), uncertainty (ketidakpastian), suggestion (sugesti), surprise (keterkejutan)), idiomatic, expression, dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.

Part B: longer conversation
9. Ketika narator membacakan direction part B anda sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas kemudian merekamnya dan memeperkirakan tema apa yang akan menjadi perbincangan.
10. Ketika menyimak conversation, anda harus mengetahui apa tema/topik yang dibicarakan.
11. Waspadalah terhadap masing-masing pertanyaan.
12. Cermati kondisi dan situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung, yakni menyangkut tempat dan waktu pembicaraan, apa dan siapa yang dibicarakan.

Part C: talks
13. Bila anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya.
14. Waspadailah pembicaraan pada kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi kalimat-kalimat selanjutnya.
15. Fokuskan pendengaran anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5W-H (what, who, when, where, why ) dan How.
16. Buatlah kesimpulan/inferasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.
Untuk mengetahui bentuk soal bagian listening, silakan baca Contoh Soal TOEFL Listening Comprehension.

 

B. Tes TOEFL Structure And Written Expression

Kunci umum
1. Pahami bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari H ujian.
2. Kerjakan soal-soal struktur terlebih dahulu.
3. Lanjutkan pada soal-soal written expression

Kunci structure
4. Pertama-tama perhatikan kalimat yang dipertanyakan dalam soal.
5. Perhatikan masing-masing jawaban yang tersedia, pilihlan yang paling tepat untuk menelngkapi kalimat yang dipersoalkan.
6. Jangan perna mengiliminasi sebuah pilihan jawaban dengan hanya melihat pada jawaban tanpa melihat kalimat soal.
7. Pertama-tama perhatikan kata atau kelompk kata yang digarisbawahi dan temukan secara cepat bagian mana yang tidak tepat.
8. Bila soal yang anda hadapi tidak bis adiidentifikasi hanya melihat kata atau kelompok kata yang bergaris bawah, segeralah membaca kalimat secara lengkap.
Untuk mengetahui bentuk soal bagian structure, silakan baca Contoh Soal TOEFL Structure and Written Expression.

 

C. Tes TOEFL Reading Comprehension

Kunci umum
1. Jangan terlalu lama membaca teks bacaan.
2. Perhatikan semua pertanyaan yang terdapat pada sebuah bacaan dan ingat-ingat kata kuncinya.
3. Jangan panik apabila tema bacaan bukan merupakan disiplin ilmu yang anda kuasai.
4. Lakukan previewing untuk mengetahui topik bacaan.
5. Perhatikan kalimat pertama dari sebuah bacaan paragraf untuk mengetahui main idea.
6. Pahami konteks yang terdapat pada bacaan untuk mengetahui arti kata tertentu.
7. Lakukan scanning untuk menemukan informasi tertentu yang berkaitan dengan permintaan soal.
8. Kumpulkan fakta dan data dalam bacaan untuk melakukan inferasi/ penyimpulan.
9. Berkonsentrasi selama membaca teks bacaan.
10. Tingkatkan kecepatan membaca anda.
Demikian uraian untuk Anda sebagai Strategi dan Tips Lulus Tes TOEFL dengan Skor Tinggi.
Gimana, sudah siap mengikuti tes TOEFL?


DAFTAR SEGERA TEMPAT TERBATAS
REAL Pendidikan Bahasa Inggris dengan Native Speaker Berkualitas dan Bersertifikat Internasional.

LEARN ENGLISH WITH NATIVE SPEAKERS…
CP. Shinta Dewi 085725068738
 
Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lanjut..
Read more...
 
REAL KLATEN © 2018 . Cab.KLATEN